Sunday 21 December 2014

METLIT (METODE PENARIKAN SAMPEL)



Metode Penarikan Sampel
1.Populasi
Populasi adalah wilayah generalisasi objek/subjek yang memiliki kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti yang dipelajari dan kemudian di tarik kesimpulan.
2. Sampel
            Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut. Teknik pengambilan sampling yang diambil oleh penulis adalah simple random sampling yaitu pengambilan sample yang memberikan kesempatan yang sama untuk semua anggota populasi yang diambil secara acak dari populasi tersebut secara sederhana.
            Untuk menghitung besarnya sample yang diperlukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus yang dikemukakan oleh Yamane (Jalaludin Rahmat,1993 : 82 ) sebagai berikut :

n =         N
         Nd2 + 1
Dimana :
            n  = Jumlah sample
            N = Jumlah populasi
            d  = Tingkat presisi yang dikehendaki
            Tingkat ketelitian ( taraf nyata) ditetapkan sebesar 5%, sedangkan tingkat keyakinan ( tingkat kepercayaan ) sebesar 95% tingkat ketelitian menunjukkan penyimpangan maksimum hasil pengukuran dari data yang sebenarnya sedang tingkat keyakinan menunjukkan besarnya pengukur bahwa hasil yang diperoleh memenuhi syarat ketelitian tadi. Taraf nyata dipakai untuk mengetahui diterima atau ditolak secara signifikan.

 Prosedur Pengumpulan Data
Penulis melakukan penelitian ini untuk mendapatkan data mengenai objek yang akan diteliti data tersebut dapat dikelompokan kedalam dua jenis data yaitu :
1.      Data Primer
Data primer merupakan data yang diambil secara langsung, data ini diperoleh melalui kegiatan observasi yaitu pengamatan langsung di perusahaan yang menjadi objek penelitian dan mengadakan wawancara dengan pihak manajemen perusahaan serta penyebaran kuisioner kepada para responden terpilih.
2.   Data Sekunder
Data sekunder merupakan data yang diambil secara tidak langsung yang merupakan data yang telah diolah oleh perusahaan, data mengenai penilaian prestasi kerja, pengembangan karir, sejarah perusahaan, struktur organisasi dan lain-lain serta dari berbagai referensi buku, makalah, materi perkuliahan yang berhubungan dengan objek yang akan diteliti oleh penulis.

No comments:

Post a Comment