Sunday 2 November 2014

MENGENDARAI MOBIL MATIC BAGI PEMULA

Dewasa ini mobil seakan-akan sudah menjadi kebutuhan sebagai kendaraan sehari-hari, oleh sebab itu banyak sekali yang mempelajari teknik mengemudi, bukan hanya pria, namun para wanita sekalipun banyak yang tertarik untuk dapat mengemudi.
Bagi pemula terkadang mendapatkan kendala saat belajar mengemudi, terlebih bagi mereka yang belum mengetahui tentang mobil matic. nah disini saya akan memberikan tips  MENGENDARAI MOBIL MATIC BAGI PEMULA agar dapat mengatasi kendala saat belajar mengendarai mobil matic.
TAHAP PERTAMA
dalam tahap ini anda harus melakukan adaptasi dengan mobil matic, yaitu dengan cara memahami
arti dari setiap simbol pada transmisi matic yaitu P, R, N, D, 2, 1.

P (PARK/PARKING) 
Digunakan pada saat mobil dalam posisi parkir, pada saat anda memposisikan tuas transmisi pada P maka transmisi akan terkunci sepenuhnya, nah dalam mobil matic jika anda memparkirkan mobil kemuadian tuas tranmisi tidak berada di posisi P, maka kunci mobil tidak akan bisa di lepas.

R (REVERSE)
R fungsinya sama dengan mobil manual yaitu digunakan pada saat anda akan memundurkan mobil anda.

N (NETRAL)
Posisi Netral yang bisa berarti bebas, biasanya digunakan pada saat macet dengan tempo yang agak lama, ini digunakan agar kanvas rem tidak mudah aus.

D (DRIVE)
Digunakan untuk menjalankan kendaraan dalam posisi jalanan seperti di perkotaan yang tidak terdapat tanjakan yang curam.

D2/2
Digunakan ketika melewati jalan yang menanjak curam dan ketika melewati turunan yang curam, ketika anda memposisikan tuas pada posisi D2 di turunan yang curam, maka secara otomatis mesin akan membantu agar mobil anda tidak meluncur dengan cepat atau biasa dikenal dengan istilah brake engine.

D1/1/L
Biasanya digunakan pada saat mobil melewati tanjakan yang sangat curam,atau ketika macet ditanjaka, ini sama halnya anda menggunakan gigi 1. Beberapa mobil lain D1/1 dilambangkan dengan L (LOW).

TAHAP KEDUA
Dalam tahap ini anda harus membiasakan diri membebaskan kaki kiri, bagi anda yang terbiasa menggunakan mobil manual mungkin akan terasa aneh karena dalam mobil matic hanya terdapat 2 pedal saja, yaitu pedal gas dan rem, jangan menggunakan kaki kiri untuk menginjak rem, hal ini bertujuan agar tidak terjadi penginjakan 2 pedal secra bersamaan.

TAHAP KETIGA
Biasakanlah anda menginjak rem ketika anda akan memindahkan gigi, misalnya ketika anda akan memindahkan dari posisi N ke posisi D. Hal ini untuk mencegah mobil langsung berjalan, karena dalam mobil matic meskipun pedal gas tidak diinjak tetapi mobil akan melaju meskipun secara perlahan.  

Demikian TIPS MENGENDARAI MOBIL MATIC BAGI PEMULA semoga bermanfaat.
 
 

No comments:

Post a Comment