Tuesday 21 April 2015

TIPS MENGATASI MACET DITANJAKAN AGAR MOBIL MANUAL TIDAK MUNDUR

photo by bandung.bisnis.com
Saat ini mobil telah menjadi suatu kebutuhan untuk keperluan sehari-hari, baik untuk bekerja taupun untuk berwisata, keterampilan dalam mengoperasikan kendaraan sangat diperlukan untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan. Mobil manual saat ini masih mendominasi di masyarakat, untuk yang sudah mahir tidak perlu khawatir dalam menghadapi kondisi jalan datar menanjak ataupun menurun, namun bagaimana untuk pemula ??? mungkin untuk jalanan menurun akan mudah, tapi tidak dengan jalanan yang menanjak terlebih dalam keadaan macet, tentunya ada kekhawatiran mobil akan mundur  sehingga akan membuat panik kepada pengendara pemula.
Ada baiknya untuk para pemula menyimak tips dibawah ini agar lancar saat menghadapi macet ditanjakan.


  1. Saat mobil anda berhenti di tanjakan pastikan anda menggunakan rem tangan ketika mobil berhenti.
  2. Berilah jarak antara mobil anda dengan mobil yang ada didepan anda, karena belum tentu pengendara di depan anda sudah mahir.
  3. ketika mobil akan melaju jangan panik, injak rem kemudian masukan gigi ke posisi 1 dan lepas kopling perlahan sampai terasa mobil sedikit bergetar, setelah itu lepas rem tangan dibarengi menginjak gas agak dalam, penginjakan pedal gas diiringi pelepasan kopling sampai terbuka sepenuhnya.
  4. jika dalam kombinasi diatas tidak tepat maka kemungkinan besar mobil akan mundur atau mesin mati.
  5. jangan panik jika poin 5 terjadi, itu biasa untuk seorang pemula, segera tarik rem tangan untuk menahan mobil agar tidak mundur terlalu jauh.
  6. ulangi poin 3 dan usahakan kombinasi tepat.
  7. jika anda tetap gagal dan merasa ragu tidak ada salahnya meminta bantuan kepada Polisi.
demikian tips dalam mengatasi macet ditanjakan untuk mobil manual, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment